Minggu, 12 Mei 2013

Mengeksplore Pulau Kanawa Hari ke 2 (part 4)

Merasa sudah cukup waktu untuk istirahat sepanjang malam, rasa penasaran dengan pulau yang berada di Labuan Bajo, Kanawa mulai bangkit saat kedua mata saya terbuka.
Udara yang segar dan masih bersih masuk dan mengisi paruku, terasa nyaman sekali. Masih ingin bermalas di tempat tidur, tapi perut sudah tidak sabar untuk disi. Hangatnya sinar mentari sudah terasa dan langit pun cerah pun mendukung. Entah karena memang daerah NTT ini jam 7 pagi sudah panas seperti jam 10 pagi atau memang saya yang sensitif dengan panas (alah padahal Kupang juga panas) :D
Tidak perlu mandi pagi lagi, toh ini sudah mau mandi air laut kembali. Karena air tawar di pulau Kanawa ini masih susah dan pengelola resort harus membeli air bersih seriap hari, maka pemakaian air tawar yah seperlunya saja.

Hari ini (27 oktober 2012) target saya adalah menjelajahi semua sudut pulau Kanawa ini sampai ke bukit-bukitnya. Tapi, tetap semua diawali dengan bersnorkling dari pinggir pantai. Kalau kemaren sore mulai snorkling dari dermaga, kali ini dari pinggir pantainya. Banyak sekali terumbu karang yang cantik dan si petrik temannya spongebob (bintang laut). Sayang saya maupun teman-teman tidak ada yang membawa kamera underwater, jadi tidak bisa mengabadikan cantiknya bawah laut.

Siap-siap snorkling

Menuju ke dermaga


Saat kembali ke dermaga, dan saya sadar kalau kulit saya sudah berubah warna. Mudahnya untuk orang lokal seperti saya merubah warna sedangkan para turis asing susah sekali merubah warna. Walau panasnya sinar disiang hari tepat di atas kepala, tidak mengurungkan niat saya dan kak Annet bermain kano.


Bermain kano dengan kak Annet

Dengan susah payah (karena baru pertama kali), akhirnya kami berhasil membawa kano sampai pinggir pantai dan perut pun mulai teriak lagi karena tenaga mulai habis. 
Pantulan pasir putih yang terkena cahaya matahari membuat silau mata dan semakin membuat saya dan Dr. Jo semangat untuk mulai explore pantai. Kamera, sunblock dan air minum sudah siap dibawa untuk mengitari pulau Kanawa. 


Terlihat bungalow berjejer

Lapangan voli pantai yang disediakan resort Kanawa

Sedang asiknya mengabadikan setiap sudut pulau Kanawa, ada satu turis yang mengambil perhatian saya dan tamu yang lain, ia masuk ke restoran dan meminta ijin untuk meminjam sendal-sendal kami, entah untuk apa itu tapi saya yakin dia akan membuat sesuatu hal  yang menarik. Spontan saya dan tamu yang lain keluar mengikuti dia. Panas sekali. Seperti ada api di pasir ini, saat kaki menginjaknya (karena sendal ku dipinjam juga). Ternyata turis itu membuat bentuk hati dari sendal-sendal yang ia pinjam. Dia memfoto segala momen yang romantis dan cantik untuk diberikan pada kekasihnya. Ouh.. so sweet (envy gueh).

Situris dengan kreasi hati dari sendal jepit
Setelah sendal-sendal itu dikembalikan saatnya melanjutkan mengitari pulau yang sempat terhenti. 

Walau panas tetap semangat

Menikmati kesuncian pulau Kanawa

Warna yang kontraks antara pasir, langit dan bukit
Saya pikir hanya ada sedikit mangrove yang tumbuh, ternyata saat berjalan lagi saya menemukan banyak pohon mangrove, dan denger-denger cerita sih biasanya baby shark (anak hiu) suka sembunyi di bawah pohon mangrove. Tapi sayang, kami tidak menemukan baby shark
Berteduh di samping pohon mangrove
Menyusuri pohon-pohon mangrove tibalah kami pada tempat yang tadi pagi kami sempat jumpai, terlihat pulau kecil yang berbentuk seperti kapal. 

Yaaa cainknya
Air yang jernih dan dangkal menuju ke pulau kecil di samping Kanawa bagian utara
Pulau itu sangat dekat dengan Kanawa, sayangnya kami tidak membawa alat snorkling, jadi tidak bisa menyebrang hingga ke pulau itu. Cukup mengabadikan dari pinggir pantai dan dari puncak bukit.


Sambil berjalan kemnbali ke resort, kami melihat bukit yang tidak terlalu tinggi yang bisa disebrangi karena air laut sedang surut. Ingin rasanya mendaki bukit ini, tapi begitu curam dan tidak ada alat pelindung diri yang bisa dipakai. Karena sudah nekat, akhirnya saya dan Dr. Jo menaiki bukit dengan pelan-pelan ditambah harus extra hati-hati karena membawa kamera. 


Istirahat sebentar baru lanjut naik lagi

Aku diantara indahnya Kanawa

Dr. Jo sedang mengabadikan setiap sudut kanawa

Nekat naik bukit untuk keindahan yang luar biasa



Pulau batu dilihat dari atas bukit


Sudah waktunya turun dan kembali karena sudah menjelang sore. Dan siap-siap untuk nyebur lagi menyaksikan ikan-ikan yang sedang berenang. :)


Bersambung...



***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar