Sabtu, 28 Januari 2017

Air Terjun Wulang di Labuan Bajo

Labuan Bajo selain terkenal dengan pintu paradise, ada beberapa destinasi yang tidak terlalu jauh dari kota untuk menikmati alam. Pantai, pulau dan bawah laut sudah pasti menjadi target untuk didatangi kalau lagi Labuan Bajo tapi ingin coba bermain dengan alam seperti hutan atau air terjun. Salah satunya adalah airterjun Wulang atau Cuncawulang.
Bersama teman-teman di hostel, kami melintasi jalanan Flores yang berlikuk hingga membawa kami ke Cuncawulang. Nah Cunca wulang juga sudah pernah aku tulis kalau tidak salah ingat. Dulu sih pengalaman pertama kesini di tahun 2012. 1 jam perjalanan dengan sepeda motor dan berjalan kaki kurang lebih 40 menit. Lumayan juga jalannya dengan batu yang kasar dan menurun. Sekarang sudah ada ada pos penjagaaan dan kita membayar uang masuk dan mesti memakai guide lokal. Saling membatu wisata lokal.


Suara deras air sudah terdengar dan saatnya melompati lubang-lubang sungai untuk tiba di sebrang sungai.
 



Tiba di saat jam makan siang maka langsung buka bekal yang kami bawa dari Labuan Bajo. Disini hp ku jatuh dan pecah berkeping-keping caseing nya ya karena dari kaca dan entahlah apa yang aku pikirkan hingga bisa pecah seperti ini.




Cunca wulang adalah air terjun wulang, cunca : air terjun. Uniknya air terjun ini adalah kamu tidak bisa melihat air terjun ini secara langsung. Ada teknik khusus untuk bisa melihatnya. Bagi yang bisa berenang dan berani, cus langsung lompat dan berenang ke balik batu untuk melihat air terjun yang airnya sangat kuat. Ya, hanya aku saja yang tidak melompat dan berenang karena tidak bisa berenang. Hahaha kalau ada pelampung mungkin berani ya untuk lompat. Hehe. Ternyata teman-teman ketagihan untuk lompat lagi dan lagi. Sedangkan aku memilih untuk mengabadikan moment ini dengan foto dan video sambil berendam cantik di sungai.






Setelah puas, kami waktunya kembali pulang yang intinya sebelum gelap dan hujan datang. Tidak mengikuti jalur sungai kali ini kami memilih untuk berjalan di hutan dengan naik lewat tangga-tangga buatan dan semak-semak dan dari sini juga bisa melihat air terjun Wulang.







Memang terlihat seperti mini canyon, pantas saja air terjun ini dijuluki canyon Labuan Bajo. Ah ya, teman-teman yang kali ini pergi dengan ku adalah bang Kadal, Livia, Anna, dan Amo. Walau bukan umur yang sama atau dari negara yang sama, setidaknya traveling ini mempertemukan dan mempersatukan untuk explore suatu tempat bersama. Semoga kelak bisa explore bareng lagi di bagian dunia yang lain yang tak kalah cantiknya.


#KelilingIndonesiaLowBudget


***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar