Sabtu, 28 Januari 2017

Perjalanan Labuan Bajo - Larantuka GRATIS

Tahun 2015 sudah hampir berakhir namun perjalanan sendiriku baru saja dimulai. Berjumpa dengan pasangan dari Kanada dan ingin overland Flores dalam 5 hari ini dan berakhir di Maumere, mereka tidak ada pilihan lain selain melanjutkan explore karena abu erupsi dari gunung Rinjani masih terbanng bebas di udara dan membuat penerbangan di Timur terhenti. Aku hanya membantu mereka mendapatkan sewa mobil yang murah dan free guide untuk mereka selama 5 hari kedepan namun aku hanya minta diijinkan untuk nebeng hingga Maumere. Aku harus menuntaskan pulau perjalanan ku di Pulau Flores ini, masih ada Maumere, Larantuka, Lembata, Solor, Lembata dan pulau Sabu yang belum aku datangi untuk Nusa Tenggar Timur.

Dalam 5 hari ini destinasi yang kubawa merek ke desa Waerebo, desa Bena, desa Gurusina, air panas Malinage, Green stone beach, lake Kelimutu, Moni waterfall, Koka beach, Paga beach, hingga check-in hotel di Maumere. Aku berterimakasih pada mereka karena mengjinkan aku untuk kembali explore bersama mereka selama 5 hari dan diberi tumpangan. Berencana menghubungi teman di Maumere untuk stay 1 malam namun mereka mereka menahanku dan membiarkan aku untuk stay bersama mereka di malam terakhir dan berpisah esok harinya.

Waerebo village
Blue stone beach

Koka beach

Entah untuk berapa hari lagi mereka akan menghabisakan waktu di Maumere, dan memilih Angkerme resort untuk stay dan lumayan jauh juga dari kota Maumere. Aku sudah tekat untuk mengantar mereka hingga benar-benar menemukan tempat yang nyaman untuk melanjutkan liburan dan aku melanjutkan perjalananku. Banyak cerita perjalanan yang saling kami bagikan dan pelajaran dari pengalaman masing-masing ataupun lawan bicara. Jujur dan percaya akan membawa kebahagiaan dalam perjalanan itu sendiri.

Mencari Tumpangan

Dari depan resort aku berdiri menunggu kendaraan yang akan menampungku menuju Maumere. Ada 3 pemuda yang yang memang rumah mereka disana sedang duduk santai di depan rumah, menemaniku sambil bercerita. Yah, pertanyaan ini muncul kok berani sekali cewek jalan sendiri dan mau numpang sana sini. Ya, menikmati hidup, jawanku singkat.

Larantuka Aku Datang

Setelah berjam-jam akhirnya sebuah mobil inova hitam berhenti setelah melihat tulisan mencari tumpangan dan akhirnya aku mendapatkan tumpangan gratis ke Maumere. Wow, yang aku bayangkan adalah truk dan ternyata adalah mobil pribadi yang hanya abang supir sendirian. Ini fix bukan travel.  Sambil bercerita menikmati perjalanan tibalah aku di Larantuka. Disini sudah ada abang yang menawarkan ku untuk tidur di gudang kacang mente dan aku sih tidak ada masalah selama aman disana. Berpisahlah aku dengan bang Gun dan menuju ke gudang mente. Eh setibanya disana ternyata perempuan tidak diperbolehkan untuk tidur disana, karena sedang ada bos dan dulu pernah terjadi yang tidak diinginkan. Wah sayang sekali ya, padahal ada cctv dan wifi gratis yang kencang :D

Akhirnya si abang membiayaiku untuk tidur di hotel semalam sebelum besok paginya akan melanjutkan perjalanan yang sepertinya panjang ke pulau Alor.
Bersyukur aku dalam perjalanan hingga ke timur pulau Flores aku tidak mengeluarkan uang untuk transportasi dan makan minum juga ya, yang ada malah mendapatkan kebaikan yang banyak dari setiap orang yang aku temui dalam perjalanan. Berharap besok saat bangun dari tidur masih seberuntung ini.